Inkubasi Entrepreneurship Papua: PAPUAmart.com & KKLingkar.com

Inkubasi bisnis yang ditugaskan oleh KSU Baliem Arabica untuk dikembangkan di Tanah Papua ialah pengembangan minimarket PAPUAmart.com dan Kios KKLingkar.com. Kami diperintahkan untuk mengembangkan minimarket PAPUAmart.com di sepanjang Jalan Protokol dan di seluruh Kota Provinsi, Kota/Kabupaten di Tanah Papua, termasuk di Papua New Guinea dan di kawasan negara-negara Melanesia lainnya. Sementara itu, kami diperintahkan KSU Baliem Arabica untuk mengembangkan Kios-Kios KaKa Lingkar di selurh jalan-jalan kecil dan kampung-kampung di Tanah Papua.

Arah yang satunya menuju ke arah global, menjelang pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN di akhir tahun 2015 ini, dan yang lainnya demi membantu masyarakat di desa dan jalan-jalan kecil agar mereka tidak terbuang jauh oleh arus pasar bebas.

Baik Kios KaKa Lingkar maupun minimarket PAPUAmart.com didanai oleh PAPUAbank.com berdasarkan alokasi, arahan dan bimbingan yang diberikan oleh PAPUAmandiri.biz sebagai Unit Simpan Pinjam KSU Baliem Arabica yang selama ini bergerak

Sedangkan PAPUAbank.com sendiri mendapatkan dukungan dana dari para calon entrepreneur yang mau bergabung mendirikan Kios atau minimarket dan modal awal berasal dari sumbangan Anggota Koperasi Baliem Arabica yang telah dikumpulkan sebesar Rp.800.000.000,- (Terbilang:Delapan Ratus Juta Rupiah).

Dengan modal ini-lah telah didirikan minimarket pertama di Jalan Raya Sentani, Hawai No. 05, Sentani Kota, Jayaupra, Papua, dan ditambah dengan pendirian dua Kios KaKa Lingkar di Kampung Harapan, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.

Ini memberikan gambaran jelas, bahwa dengan dana Rp.1000.000.000,- (Terbilang: Satu Milyard Rupiah) saja sudah dapat didirikan satu minimarket dan minimal 2 Kios KaKa Lingkar.

Dari sini dapat dibayangkan jumlah uang berapa dapat dihasilkan oleh masing-masing minimarket dan Kios KaKa Lingkar dalam jangka waktu sebulan saja, karena pendapatan yang terjadi di Kios maupun minimarket ialah pendapatan setiap hari.

Inkubasi entrepeneruship yang digalakkan oleh KSU Baliem Arabica sangat berbeda daripada praktek pengembangan ekonomi klasik, konvensional maupun mainstream. Modal Dasar pengembangan ekonomi kerakyatan ala Papua atau Ekonomi Kesukuan ialah hubungan kekerabatan, hubungan kekeluargaan dan hubungan persahabatan di antara para anggota, pelaku usaha dan pengurus KSU Baliem Arabica, PAPUAmart.com, dan Pengeola Kios KaKa Lingkar.

Inkubasi entrepreneurship seperti ini dalam jangka panjang bakalan menjadi model pengembangan ekomi kerakyatan di tengah-tengah masyarakat suku-suku di seluruh muka Bumi. Semoga begitu! Amin!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *