Demi Papua Bangkit! & Papua Mandiri! untuk Papua Sejahtera! info@papuabank.com - 082210183000

Kami mengedepankan prinsip gotong-royong, kekeluargaan dan persaudaraan, warisan leluhur yang telah ditinggalkan buat kita hari ini dan buat kita wariskan kepada generasi penerus kita.

Dengan prinsip utama ini, kami mengutamakan hubungan kekeluargaan, kekerabatan dan persaudaraan sebagai syarat utama kami.

Akan tetapi, mengingat kami sebagai manusia, yang tidak dapat terlepas dari kekurangan dan masalah, maka bilamana terjadi kekeliruan atau ketidak-cocokan di antara PAPUAMart.com, KKLingkar.com dan para investor atau francisee, maka pertama-tama kami serahkan kepada moyang orang Papua untuk menjadi penanggungjawab dan pemberi solusi buat kami. Lalu kami serahkan kepada Sang Pencipta Bumi Cenderawasih. Dan segala pendekatan dan kearifan yang telah Tuban anugerahkan dan diwariskan, kami selalu berupaya menyelesaikan semua persoalan, perbedaan, ketidak-sesuaian secara kekeluargaan, dengan pendekatan kekeluargaan, pertama-tama di dalam rumah sendiri, lalu kepada tua-tua adat masing-masing klen dan suku.

Keputusan final dan mengikat dari semua hubungan ini ialah dalam para-para adat. Akan tetapi bilamana permasalahan yang terjadi melibatkan pihak lain, di luar orang Papua, misalnya pihak Bank atau perusahaan atau masyarakat suku-suku Non-Papua, maka yang diberlakukan ialah musyawarah untuk mufakat, dan bila tidak mencapai mufakat, maka secara bersama-sama membawa diri kepada Hukum Positif Negara untuk menyelesaikan.

Syarat Utama dan Pertama

Hubungan kekeluargaan, kekerabatan dan persaudaraan dengan para anggota Koperasi, Pengurus Koperasi, Pegawai PAPUAmart.com, pemilik Kios KaKa Lingkar dan pegawai BANANA Leaf Cafe, yang dalam konteks ini kami sebut sebagai Keluarga Besar (dari Revolusi Bisnis Papua). Artinya oknum atau kelompok yang hendak bekerjasama dalam mengembangkan Kios KKLingkar.com atau minimarket PAPUAmart.com haruslah punya hubungan kekeluargaan, misalnya isteri, suami, keponakan, kemenakan, om, tante, kakek, nenek, dari para pendahulu atau Keluarga Besar.

Selain anggota keluarga, juga para kerabat, sesama suku, sesama marga atau klen dari para Keluarga Besar Revolusi Bisnis Papua. Selain keluarga dan kerabat, juga kami mengedepankan hudungan persaudaraan, yaitu hubungan bukan dengan keluarga, bukan dengan kerabat, tetapi hubugnan persahabatan yang telah terjalin lama dan tidak dapat dipisahkan. Hubungan dimaksud dapat dimulai dari teman kelas, teman kerja, teman angkatan dan sejenisnya. Yang dimaksud di sini bukan sekedar kenalan, tetapi sahabat sejati dari Keluarga Besar Revolusi Bisnis Papua.

Syarat Kedua: Modal Usaha yang Ada Saja

Selain syarat utama, kami ajukan syarat kedua, yaitu berupa Modal Usaha. Modal usaha yang kami maksudkan di sini bukan dalam bentuk uang, bukan juga dalam bentuk jaminan sertifikat atau barang, tetapi Benda atau Harta atau Sumbangan yang menandakan betul-betul ada keseriusan dan komitmen untuk berbisnis.

Modal Usaha dimaksud bisa dalam bentuk Babi Piara, Ayam Piara, Kebun Singkong, Kebun Pisang, Kebun Buah Merah, apa saja.

Syarat Ketiga: Mendaftarkan Diri Menjadi Anggota Koperasi Serba Usaha Baliem Arabica

Syarat ketiga ialah bahwa calon entrepreneur mendaftarkan diri menjadi Anggota Koperasi Baliem Arabica, yang dibuktikan dengan Nomor Induk Anggota dan / Atau Katru Anggota dan terdaftar dalam Buku Anggota Koperasi.

Tentu saja pendaftaran menjadi Anggota Koperasi mengandung resiko kepada

  1. Sumbangan Wajib bulanan;
  2. Sumbangan sukarela bulanan; dan
  3. Sumbangan Investasi

di mana pembangunan minimarket PAPUAmart.com akan dikategorikan sebagai “Sumbangan Investasi Anggota”.

Sayarat Tambahan

  1. Yang akan bekerjasama punya niat dan keinginan kuat menjadi entrepreneur Papua, yang dibuktikan oleh para anggota Keluarga Besar yang mensponsorinya.
  2. Yang bersangkutan (calon entrepreneur) sudah memiliki tempat tinggal yang menetap dan jelas, yang disaksikan oleh anggota Keluarga Besar yang mensponsorinya.

Prosedur Bisnis

Untuk memproses pendirian sebuah minimarket PAPUAmart.com atau Kios KKLingkar.com, maka

  1. Sponsor mengajukan topik permohonan untuk pembukaan Kios/ minimarket baru;
  2. Tim Inkubasi Bisnis Papua melakukan survey lapangan untuk mencocokkan rencana dengan realitas lapangan;
  3. Kalau permohonan diterima, maka selanjutnya pemohon dimintakan membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) Pendirian minimarket PAPUAmart.com atau Kios KKLingkar.com;
  4. RAB yang diajukan akan dibahas oleh Tim Inkubasi Bisnis Papua.
  5. Tim Inkubasi melakukan tinjauan ke lapangan berdasarkan RAB yang diajukan dan dibuat Nota Kesepahaman Kerjasama untuk pembangunan Kios/ Minimarket.
  6. Setelah Nota Kesepahaman ditandatangani, maka Tim Inkubasi mengajukan Dana kepada PAPUAbank.com sebagai sumber pendanaan dari Proyek PAPUAmandiri.biz milik KSU Baliem Arabica.

 

Persyaratan Teknis

  • Ada Minat untuk terjun ke Industri Minimarket dan Kios dengan Ciri Khas PAPUAmart.com
  • WNI dan berasal dari salah satu suku di Papua (Sorong sampai Samarai) dan Melanesia (Timor-Leste sampai Fiji)
  • Badan Usaha (CV, PT, Koperasi & Yayasan)
  • Lokasi Luas 150 s.d. 250 m2
  • Dana Investasi Secukupnya dalam bentuk Milik Sendiri atau Pinjaman
  • Memenuhi Persyaratan Perizinan
  • Mengikuti Sistem & Prosedur PAPUAmart.com